Jumat, 09 Januari 2009

Mengejar Barca yang Masih Berlari Kencang

Barcelona masih sangat kokoh di puncak klasemen. Di pekan 18 pun mereka niscaya berjaya karena lawannya hanya si peringkat buncit Osasuna. Maka tak pelak para rival Barca harus meraih tiga angka agar setidaknya jarak tetap terjaga.

"Mesin" Barca sedang panas-panasnya. Setelah kalah 0-1 dari Numancia di pekan pertama La Liga Primera, Lionel Messi cs nyaris memenangi seluruh partai Liga Spanyolnya. Hanya dua kali mereka sedikit tersendat dan meraup hasil imbang.

Menjelang tutup tahun deretan kemenangan mengesankan ditorehkan. Atletico Madrid dilumat 6-1, Sevilla digasak 3-0, Valencia diganyang 4-0, Real Madrid dipukul 2-0 dan Villarreal dikalahkan 2-1. Di laga pertama tahun 2009, Barca juga menang 3-1 atas Mallorca.

Kurang luar biasa? Selain punya rekor kebobolan tersedikit (11 gol) Barca juga jadi tim terproduktif dengan bikin 51 gol dalam 17 partai alias rata-rata 3 gol per partai.

Dengan demikian sulit rasanya membayangkan kalau Barca yang sekarang sedang dahsyat-dahsyatnya akan kehilangan angka --kendati berstatus sebagai tim tamu-- dari Osasuna.

Meski sama sekali tak diunggulkan, Osasuna tentu masih harus berusaha sekuat tenaga dan berharap bisa mengulangi sukses musim 2005-06 kala mereka menundukkan Barca 2-1 di Reyno de Navarra.

Sementara itu, tim-tim kandidat juara lainnya praktis harus terus berusaha menang agar Barca tak terus dominan dan melaju sendirian. Sebagai gambaran, Valencia yang ada di urutan kedua saja saat ini sudah tertinggal 11 angka dari 'El Barca'.

Namun demikian, Valencia sendiri takkan mudah meraih tiga angka karena terlibat bigmatch dengan Villarreal. Dalam tiga musim terakhir La Liga, 'El Che' cuma satu kali menang dari 'Kapal Selam Kuning'. Musim lalu mereka kalah dengan skor masing-masing 3-0.

Kalau Valencia terhambat atau malah terjerembab, Real Madrid yang tertinggal satu poin siap memanfaatkan. 'El Real' tengah pede setelah di dua laga terakhir menang dengan skor 1-0 atas lawan berat, Valencia dan Villarreal. Sedangkan Mallorca yang akan dihadapi Raul cs pekan ini justru terpuruk di zona degradasi dan belum pernah menang sejak akhir Oktober 2008.

Sevilla yang ada di posisi empat dengan raihan setara Madrid --32 poin-- juga siap mencuri peluang membenahi posisi di klasemen. Tapi mereka tak bisa melaju santai karena Deportivo La Coruna yang harus dihadapi pun tak bisa disepelekan. Depor saat ini menghuni posisi 6 dengan poin 30.

0 komentar: