Jumat, 09 Januari 2009

Villareal Bukan Lawan Yang Tangguh

Untuk menjadi penantang, sebuah tim mesti bisa meladeni tim-tim favorit. Villarreal sejauh ini belum bisa karena selalu kalah melawan tiga tim top. Akan lebih buruk lagi jika pekan ini mereka kalah lagi.

Dalam empat musim terakhir Villarreal sudah masuk kelompok "pengganggu" dominasi Real Madrid, Barcelona (dan Valencia) di Liga Spanyol. Musim lalu mereka bahkan finish sebagai runner up di bawah El Barca.

Akan tetapi performa Yellow Submarine sampai pertengahan musim ini belum terlalu kompetitif. Hal itu terlihat jelas dari statistik terakhirnya, di mana Diego Forlan dkk selalu menelan kekalahan dalam tiga laga terakhirnya.

Faktanya, kekalahan itu dialami dari tim-tim kuat, yakni Sevilla (0-1), Barcelona (1-2), dan Real Madrid (0-1). Ini tentu bukan rapor yang bagus buat pelatih Manuel Pellegrini dan anak-anak buahnya untuk menjaga persaingan di level tinggi.

Semakin tidak bagus lagi apabila mereka tidak bisa mengantongi kemenangan dalam laga akhir pekan ini melawan tim kuat lainnya, Valencia. Selain bisa kian tertinggal jauh dari zona Liga Champions, kekalahan akan mengurangi kadar kompetitif Villarreal sebagai challenger, karena tak bisa meredam tim-tim yang berstatus rival.

"Kami tak boleh gagal lagi, terutama saat melawan rival langsung seperti Valencia. Tiga poin menjadi lebih penting," demikian gelandang serang Santi Cazorla menyadari situasi timnya saat ini.

"Kami sedang tertinggal empat poin dari Valencia, tapi saya tidak percaya bahwa mereka favorit menang atas kami," sambung dia menandakan bahwa kepercayaan diri timnya masih besar.

Saat kalah dari Barcelona dan Real Madrid, permainan Villarreal sebenarnya tidak buruk. Hanya saja mereka tidak dekat dengan dewi fortuna, terutama untuk menciptakan gol. Dua hal itulah yang dibutuhkan Villarreal saat ini: gol dan tiga poin.

"Kalau Anda kalah tiga kali berturut-turut, keraguan-raguan bisa muncul. Tapi saya pikir masalah utamanya adalah kami tidak mencetak banyak gol. Kalau bisa mengubahnya, kami akan mendapatkan hasil-hasil yang bagus," pungkas Cazorla.

0 komentar: