Selasa, 25 November 2008

10 Tiket Sudah, Enam Tersisa Punya Siapa?

Dari 16 tiket yang diperebutkan untuk melaju fase knock out, 10 di antaranya sudah punya pemilik. Dinihari nanti enam jatah tersisa masih akan diperebutkan oleh 12 tim.

Barcelona, FC Porto dan Juventus menjadi tiga tim pertama yang memastikan lolos ke fase knock out. Mereka sudah mendapatkan tiket ke babak perdelapanfinal bahkan sejak matchday keempat dua pekan lalu.

Dinihari tadi jumlah klub yang lolos bertambah. Seperti sudah menjadi "garis takdir" Liga Champions, yang kemudian lolos ke fase kedua adalah tim-tim besar yang memang punya sejarah bagus di kompetisi antarklub terbaik ini.

Dari Grup H Real Madrid menemani Bianconeri setelah memetik kemenangan tipis 1-0 atas BATE. Siapa juara grup ini masih harus ditunggu hingga matchday terakhir di mana Juve akan menjamu BATE sementara Los Merengues didatangi Zenit St. Petersburg, skuad besutan Claudio Ranieri lebih diuntungkan karena mereka cuma butuh hasil imbang.

Kondisi serupa terlihat di Grup G dengan Arsenal dan FC Porto tampil perkasa menyingkirkan Dinamo Kiev serta Fernerbahce dari persaingan. Meski begitu The Gunners harus memastikan kemenangannya dengan susah payah melalui gol semata wayang Nicklas Bendtner, sedangkan Porto meraih tiga angka usai menang 2-1 atas Fenerbahce.

Fiorentina yang sempat diprediksikan bakal jadi kuda hitam juga terbukti tak bisa apa-apa. La Viola bahkan belum memetik satu kemenangan pun yang membuat langkah Bayern Munich dan Olimpique Lyon lolos ke fase knock out terasa mudah di Grup F.

Die Rotten dan Les Gones tampil dominan di grup ini dengan meraih nilai 11 tanpa sekalipun menelan kekalahan. Sementara La Viola malah harus bertarung dengan Steaua di match day terakhir jika masih ingin bersaing di Piala UEFA.

Juga memiliki rekor tak terkalahkan adalah Manchester United dan Villarreal di Grup E. Sedikit kejutan yang terjadi di grup ini adalah ketidakberdayaan Glasgow Celtic yang untuk sementara menjadi penghuni dasar klasemen.

Sama-sama meraih dua kemenangan dan tiga kali imbang dari lima laga, The Red Devils serta The Yellow Submarine mengumpulkan poin sembilan. Siapa yang akan jadi
pemimpin grup baru akan diketahui di matchday terakhir.

Yang kemudian menarik untuk diamati adalah pertarungan memperebutkan enam tiket tersisa. Disebut menarik karena tiket dari Grup A, B dan D itu masih berpeluang didapat oleh seluruh penghuni ketiga grup tersebut atau masih ada 12 klub yang berpeluang lolos.

Di Grup A, kekalahan 1-3 Chelsea atas Roma di matchday 4 lalu banyak mengubah peta persaingan di Grup ini. Namun kemenangan atas Bordeaux dinihari nanti sudah akan cukup meloloskan The Blues, peluang Roma lolos juga makin lebar jika bisa mempertahankan performa positifnya saat bertandang ke CFR Cluj dan tentunya pulang membawa tiga angka.

Tinggal butuh satu kemenangan untuk memastikan lolos juga dialami Inter Milan yang di Grup B performanya masih jauh dari meyakinkan, dinihari nanti Nerazzurri akan menantang Panathinaikos. Kejutan besar juga sangat mungkin terjadi terkait peluang lolos Anorthosis, kemenangan atas Werder Bremen dan dibarengi sukses Inter menundukkan Panathinaikos akan membawa klub Siprus itu mencatat sejarah lolos ke 16 besar di tahun debutnya berlaga di Liga Champions.

Liverpool dan Atletico Madrid juga belum bisa bernapas lega malam nanti. Dua pemuncak Grup D ini membutuhkan kemenangan atas PSV Eindhoven dan Marseille untuk menjaga harga diri sebagai klub papan atas Eropa dengan lolos ke babak 16 besar.

10 pemegang tiket ke babak 16 besar
-Barcelona
-FC Porto
-Manchester united
-Villarreal
-Bayern Munich
-Olimpique Lyon
-Arsenal
-FC Porto
-Juventus
-Real Madrid

0 komentar: